Mata Kuliah

  1. Pendidikan Agama Islam

Aspek yang berhubungan dengan keadaan makhluk, pelaksanaan ajaran Islam, peningkatan keimanan terhadap khaliq, kerasulan dan melaksanakan syariat Islam. Pemahaman nilai-nilai agama kontekstual di bidang akademik.

  1. Pendidikan Agama Kristen Protestan

Keberadaan diri umat beriman, Iman dalam kehidupan sehari-hari, dalam hubungan dengan Allah, sesama manusia, alam semesta dan bangsa negara. Pemahaman nilai-nilai agama secara kontekstual di bidang akademik.

 

  1. Pendidikan Agama Katholik

Pengetahuan tentang manusia yang beriman kepada Allah melalui Kristus di dalam gereja, hidup menggereja dan memasyarakat dalam rangka pengembangan sikap dan mentalitas hidup pribadi seseorang. Pemahaman nilai-nilai agama secara kontekstual di bidang akademik.

  1. Pendidikan Agama Hindu

Keagaman yang mantap kepada Sang Hyang Widhi Wasa/ Tuhan yang Mahaesa, sehingga mampu mengendalikan diri dalam berpikir, berbicara, berbuat dalam pengabdian pada nusa, bangsa dan negara. Pemahaman nilai-nilai agama secara kontekstual di bidang akademik.

  1. Pendidikan Agama Budha

Tentang Agama Budha dan pengalamannya dalam masyarakat beragama, dharma dan kebaktian untuk Iman (sadha) dalam menjaga kelangsungan hidup Agama, Bangsa dan Negara berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Pemahaman nilai-nilai agama secara kontekstual di bidang akademik.

  1. Bahasa Inggris

Introduction to academic writing; structure, word choice on study program of Agricultural Engineering (AE), and make good sentences. Structure of paragraph; make a concise paragraph, abstract, tables and figures: types and presentation, paraphrase and summarizing. Ethics; citation and avoid plagiarism. Reading skills for academic purposes; scanning and skimming. Note taking; reading and listening, review and emphasis.

 

  1. Bahasa Indonesia

Kemampuan penggunaan Bahasa Indonesia, baik secara verbal dalam seni berkomunikasi, interview, presentasi, maupun secara tertulis. Penguasaan tata bahasa dan kosa kata secara benar dalam penulisan karya ilmiah.

  1. Pendidikan Kewarganegaraan

Keamanan Nasional (Hankamnas) secara komprehensif integral yang mencakup Wawasan Nusantara, Ketahanan Nasional, Politik dan Strategi Hankamnas serta Sistem Hankam Rakyat Semesta. Perwujudan keamanan nasional dalam pengembangan ilmu.

  1. Pendidikan Pancasila

Hakekat dan filsafat Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD)1945 dan Garis garis Besar Haluan Negara (GBHN). Pedoman Penghayatan dan Pengamalan

  1. Matematika I & II

Sistem himpunan dan bilangan, pengantar hitung peluang. Fungsi dan limit. Fungsi dan grafiknya. Fungsi dan peubah. Vektor dan matrik, gugus persamaan Linier. Deret Taylor Turunan fungsi orde tinggi. Integral tak tentu dan intergal tentu. Integral ganda. Finite diference ( beda hingga ).

  1. Matematika Teknik

Pengertian dasar Differensial, Integral, Persamaan Differensial lanjut ( Advance ) dan Lapplace Transform dan Boundary value problem. Aplikasi matematika teknik dalam bidang teknik pertanian.

  1. Statistik

Ruang lingkup dan kegunaan statistik. Daftar frekuensi, histogram. Pemodelan keragaman, dan  pendugaan parameter dan uji hipotesa. Analisa regresi dan korelasi sederhana.

  1. Biologi

Arti kehidupan. Organisasi kehidupan. Kehidupan sel dan molekul. Genetika. Reproduksi dan perkembangan. Regulasi lingkungan. Ekologi : Biosfer. Pertumbuhan populasi. Ekologi manusia. Kajian ilmu Biologi pada lingkup pertanian dan biosistem.

  1. Kimia Dasar I (Kimia Anorganik)

Bahan, Senyawa, unsur dan cara – cara pengukurannya. Teori atom dan proses penemuuannya. Perhitungan kimia. Hukum gas. Elektron Dalam atom. Dasar ikatan kimia. Konsep asam da basa. Reaksi termokimia dan thermodinamika. Kinetika reaksi. Kimia inti dan Reaksi Oksidasi – reduksi.

  1. Kimia Dasar II ( Kimia Organik )

Reaksi dan Reaktifitas Senyawa Organik, Pengenalan kimia hayati dan aspek kimia lingkungan.

  1. Fisika dasar ( I & II )

Konsep dasar fisika, sitem satuan, kinematika, dinamika, hukum Newton, Hukum – hukum Kekekalan, Geteran. Mekanika zat alir. Bahan ( Kalor / heat ), termodinamika, Persamaan keadaan, sifat –  sifat gas, perpindahan kalor ( bahan ) dan massa. Eletrostatika, Magnetostatika. Optika geometris. Optika fisis. Struktur atom. Proses nuklir. Pemanfaatan Energi Nuklir untuk sterilisasi, Pengawetan bbahan pangan. Gelombang dan getaran ( cahaya, suara ).

 

  1. Pengantar Teknologi Pertanian

Landasan Pengembangan Keilmuan Program studi Teknologi Pertanian. Konsep dasar bidang keilmuan teknologi Pertanian. Konsep industri Pertanian, Peranan teknologi pertanian dalam industri pertanian, pengembangan ilmu penngetahuan dan teknologi serta pembangunan Nasional. Profesi dan profesionalisme Teknologi Pertanian. Pemahaman cakupan formal dan material teknik pertanian. Pemahaman kompetensi lulusan teknik pertanian , prospek bidang kerja dan kekhasannya ( niche ).

  1. Ilmu Lingkungan

Takrif dan ruang lingkup, asas-asas, elemen dan metodologi kajian lingkungan. manusia, teknologi dan keseraisian lingkungan. etika dan hukum lingkungan di indonesia. kajian kegiatan  manusia untuk mempertahankan  daya dukung lingkungan.

  1. Agroklimatologi

Takrif dan ruang lingkup, sifat-sifat fisik dan fenomena atmosfer, pengukuran anasir cuaca, klasifikasi iklim, iklim mikro untuk pertanian, keseimbangan energy, hubungan variabel iklim dengan tanaman, air dan tanah, perubahan iklim.

  1. Thermodinamika

Konsep thermodinamika, sifat-sifat zat murni, hukum thermodinamika 1 aplikasinya,  hukum thermodinamika 2  aplikasinya, entropi , kemampuan dan ireversibilitas

  1. Mekanika Teknik

Prinsip umum statika, vector gaya, sistem gaya, diagram benda bebas, kesetimbangan partikel dan benda tegar, gaya-gaya internal, gesekan, momen inersia penerapan untuk struktur dan elemen mesin. prinsip umum dinamika, kenetika dan persamaan gerak partikel, kinematika benda tegar, energy , momentum, dan getaran.

  1. Pemograman dan Aplikasi Komputer

Konsep dasar dan teknik pemrograman, mengenal bahasa pemrograman, tipe data, variable, dan operator, control program, fungsi dan prosedur, pemrograman internet (web programming), pemrograman grafik,  pemrograman multi media, pemrograman basis data, pemrograman masukan dan tampilan informasi, pemrograman MATLAB, penugasan akhir dengan aplikasinya di bidang teknik pertanian dan biosistem.

  1. Satuan Operasi

Prinsip-prinsip satuan operasi, neraca massa dan energy, terapan pindah panas, dan aliran fluida, neraca panas dan energy pada pengering dan penguapan, pemisahan mekanis : filtrasi, sentrifugasi, sedimentasi. Blending, mixing, kristalisasi.

  1. Ekonomi Teknik

Pendahuluan: definisi ekonomi, ekonomi teknik, simple and compound interest. Nilai Waktu terhadap uang: P,F,A. Nilai waktu terhadap uang: gradient, cash flow. Analisa: NVP,EUAV,BCR. Metode perbandingan ekonomi: perbandingan untuk umur pakai yang sama dan tidak sama. Analisa: IRR, payback period, break even point, Penyusutan. Contoh analisa pada industry pertanian.

 

  1. Sistem Informasi

Konsep Dasar Sistem dan Informasi, Sistem Informasi Mana-jemen, Pengenalan Diagram Alir (Flowchart) atau Block chart, Pengembangan Sistem Informasi, Permodelan Proses Sistem Informasi, Desain Basis Data (Database), Desain User Interface (antar muka pengguna), Implementasi Sistem Informasi, Analisis Kelayakan Sistem Informasi, Pengenalan Dasar Bahasa SQL (Structured Query Language), Pengenalan Dasar Bahasa Visual Basic Application (VBA) untuk Implementasi Basis Data, Sistem Informasi Manaje-men sebagai pendukung Pengambilan Keputusan, Arah Perkembangan (trend) Basis Data.

  1. Mekanika Fluida

Konsep fluida, wujud fluida, fluida mampat dan tak mampat dalam proses adiabatic dan hubungannya dengan bidang keteknikan pertania. Pengertian dasar fluida , statika fluida. Dinamika fluida dan hubungannya dengan ilmu-ilmu lain.

  1. Elektronika dan Intrumentasi

Tear AC-DC, semikonduktor, diode, transistor, IC, Op-amp, elektonika digital, aljabar Boolean, gerbang logika, flip-flop, decorder and encoder, display tujuh segmen. Gambar umum teknik instrumentasi modern dan komponen elektronika digital dan subsystem untuk mengintegrasikannya kedalam akuisisi data digital dan sistem control.

  1. Energi dan Elektrifikasi

Matakuliah ini mencakup pokok bahasan tentang: Uraian tentang sumber-sumber energy alternative, Energi biomassa, Energi angin, Energi angin, Energi matahari, Proses konversi energy, Proses konversi energi Mesin konversi, Transformator, Sistem rangkaian, Teori pembakaran diagram sampai audit nilai.

  1. Menggambar Teknik

Gambar sket, proyeksi grafik, komponen mesin, bangunan tidak bertingkat, jaringan pipa/irigasi, pemahaman tentang aplikasi CAD (computer aided design) dalam mewujudkan gambar utuh dan aplikasinya dibidang teknik pertanian.

  1. Rancang Bangun Keteknikan

Penerapan kebutuhan, formulasi masalah, pengumpulan infornmasi, penyusunan alternatif penyelesaian, analisis dan sistesis rancangbangun, pemilihan alternatif penyelesaian, model rancangbangun, komunikasi rancangbangun, etika rancangbangun, rancangbangun untuk konstruksi.

  1. Metodelogi Penelitian

Teknik penyusunan rancangan penelitian, pelaksanaan dan pembuatan laporan penelitian serta publikasi secara lisan dan tulis. Makna dan jenis penelitian, penerapan prinsip statistika dalam penelitian kuantitatif. Rancangan percobaan.

  1. Dasar-Dasar Manajemen

Pemahaman arti dan fungsi manajemen dalam suatu sistem ekonomi produksi (pertanian). Pembahan dan analisa manajeman untuk mengogganisasikan dan mengkoordinasikan faktor-faktor produksi: lahan, tenaga kerja dan modal dalam kaitannya dengan proses pengambilan keputusan (DSS). Tanggung jawab perusahaan terhadap lingkungan (social responsibility), etika bisnis, budaya organisasi. Instrumen untuk pengambilan keputusan.

  1. Survei Dan Pemetaan

Pengertian, ruang lingkup dan aplikasi survey dan pemetaan dalam bidang keteknikan pertanian. Macam-macam dan fungsi alat ukur survey dan pemetaan. Penggunaan alat ukur sederhana, pengunting, BTM, dan theodolit. Pengukuran pengunting dan penentuan beda tinggi, pengukuran profil dan penggambaran, pembuatan peta situasi dan topografi. Interpretasi peta. Tinjauan umum computer sebagai alat olah data . Komputer dan sistem informasi geografi. Teknologi Stuktur dan sistem informasi geografi. Perangkat lunak aplikasi sistem informasi gografi dan pengelolaan peta digital. Dasar-dasar teknologi dan interpretasi photo udara dan citra.

  1. Kewirausahaan

Konsep kewirausahaan; pengembangan motivasi dan visi usaha; pengembangan bisnis kreatif, inovatif dan prospektif; orentasi usahan dan pengambilan resiko; pendirian wira usaha baru; perencanaan bisnis ; pengelolaan usahan dan kepemimpinan; manajemen keuangan dan biaya; strategi pemasaran dan mempertahankan pelanggan; etika bisnis; studi kasus

  1. Fisika Hayati

Konsep fisika hayati dan penerapannya dalam teknik pertanian. Fisika hayati lingkungan, tumbuhan dan hewan. Pengaruh lingkungan ekologis terhadap tanaman dan hewan, respon tanaman dan hewan terhadap perubahan perubahan lingkungan baik secara alami dan buatan.

  1. Perbengkelan dan Teknologi Mekanik

Konsep perbengkelan dan manajemen perbengkelan sistem pascapanen, teknik pengelasan meliputi las karbid dan las oksiasitelen, alat-alat pengaman dan pengancing, pengencang komponen alat dan mesin meliputi rivets, baut, pasak, patri,bor.

  1. Perpindahan Panas

Dasar-dasar pindah panas secara konduksi, satu dimensi dan dua dimensi, sistem tergumpal (lumped sistem), pindah panas secara konveksi, aliran dalam pipa konveksi paksa dan konveksi bebas, radiasi.

  1. Pengantar Ilmu Pertanian

Membahas pengertian dan sejarah perkembangan pertanian, sistem pertanian yang meliputi sub sistem produksi pascapanen dan konsumsi, kelembagaan kegiatan pertanian, peran ilmu dasar dalam sistem pertanian, pertumbuhan penduduk terhadap sumberdaya pertanian dan lingkungan hidup, peran sector pertanian dalam pembangunan nasional yang mencakup kegiatan peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat, peningkatan produk domestic bruto, peningkatan devisa, peningkatan industry dan industrialiasasi pertanian, peranan pendidikan dan penerapan ilmu/teknologi dalam membangun pertanian.

  1. Teknik Irigasi dan Drainase

Definisi, peralatan lahan untuk irigasi, pengukuran air, kebutuhan air irigasi, penjadwalan air irigasi, efisiensi irigasi, penyaluran air saluran terbuka, penyaluran air saluran tertutup, kualitas air irigasi, sistem irigasi, pengertian drainase untuk pertanian, drainase dan pergerakan air dan sistem drainase. Respon tanaman terhadap perubahan-perubahan air di tanah dan korelasinya terhadap penyediaan unsure-unsur hara. Adsorpsi air oleh akar dan prosesnya pada sistem fisiologi tanamn. Cekaman air pada tanaman.

  1. Riset Operasional

Pemecahan problem untuk mengoptimalkan berbagai penggunaan sumberdaya yang terbatas ketersediaannya dengan pemrograman linier (linier programming) menggunakan metode simplek dan penerapannya dalam bentuk khusus; masalah transportasi, penugasan (waktu dan divisi ganda) dan transshipment.

  1. Pengetahuan Bahan

Klasifikasi material teknik (logam, keramik, polimer, dan komposit), ikatan antar atom, sel satuan, struktur sifat dan pemakaian logam, korosi dan degradasi, sifat elektrIK (konduksi, semikonduktifitas, dan konduksi elektromagnetis), Pengujian Material (uji Tarik, Uji kekerasan, Uji Struktur Mikro), Sifat termal, Proses perlakuan panas, Diagram fasa logam, jenis logam paduan dan komposit, jenis polimer.

  1. Pengantar Ilmu Ekonomi

Urgensi Belajar IlmuEkonomi; Metodologi dan Bidang Studi Ilmu Ekonomi, Teori tingkah laku konsumen dan Teori nilai guna (utility), Paradok nilai Teori  Teori Tingkah laku konsumen; analisis kurva kepuasan yang sama. Teori penawaran dan permintaan.

  1. Ilmu Tanah

Definisi umum tanah, Pendekatan Edafologi dan Pedologi dalam mendifinisikan tanah, Fungsi tanah sebagai media pertumbuhan tanaman Proses pembentukan tanah, Sifat Fisika Tanah Bentuk air dalam tanah dan hubungannya dengan tanaman, Sifat Kimia Tanah dan Mineralogi Tanah, Pupuk dan Pemupukan, Pengapuran, Evaluasi Kesuburan,  Pengawetan tanah, Klasifikasi Tanah, Survai tanah

  1. Sosiologi Pertanian

Definisi, ruang lingkup dan sejarah perkembangan, pradikma-pradikma sosiologi; proses sosial dan interaksi sosial; kelompok sosial dalam masyarakat; masyarakat dan kebudayaan; lembaga kemasyarakatan; masyarakat petani dan sub budaya petani; stratifikasi dan diferesiasi sosial dalam masyarakat pertaniandan pedesaan; moral ekomoni petani; petani rasional; sub sistem dan invollosi pertanian, sistem ekonomi masyarakat primitif dan petani, ekonomi petani.

  1. Teknik Pengolahan Produk Pertanian 1

Dalam mata kuliah ini banyak membahas mengenai pengertian, ruang lingkup teknik  pengolahan produk-produk pertanian, air dan bahan pangan, kandugan dan sifat- sifat baha pangan, fermentasi dalam bahan pangan, teknik pengolahan dengan pengaruh suhu., macam produk pertanian dan penanganannya, teknik pengeringan., penyimpanan  biji-bijian, buah dan kopra serta produk olahannya

  1. Teknologi Pasca Panen

Dasar fisiologi bahan hasil pertanian, teknik/cara penanganan pasca panen untuk produk pangan dan hortikultura, misalnya; biji-bijian buah dan sayuran segar serta hasil perkebunan antara lain kopi, kakao, serta kelapa sawit

  1. Rancangan Percobaan Keteknikan

Pengantar rancangan percobaan keteknikan, kualitas pengukuran, instrumen pengukuran , metode eksperimen, presentasi hasil eksperimen; analisa regresi dan korelasi, similitude (keserupaan) dalam keteknikan, pengenalan sistem dinamik, dan pengenalan kecerdasan buatan.

 

  1. Kekuatan Bahan

Memberi pengetahuan tentang kekuatan bahan hubungannya dengan pembebanan dan kekuatan elemen mesin /peralatan pertanian, pengertian , konsep dan perhitungan tegangan, momen ,torsi, lendutan sambungan keling dan las

  1. Sistem Kontrol

Sejarah perkembangan sistem kontrol,  Sistem Kontrol lup tertutup, Sistem Kontrol lup terbuka,  Perbandingan Sistem Kontrol lup tertutup dengan lup terbuk,  Kontrol langsung dengan kontrol tak langsung, Sistem Kontrol adaptif,  Sistem Kontrol dengan penalaran. Ilustrasi sistem kontrol, Prinsip desain sistem kontrol,  Transformasi Lapalace Model matematik Diagram blok, Grafik aliran sinyal, Sistem control industry

  1. Alat Mesin Pertanian

Mata kuliah ini memcakup pokok bahasan tentang; 1. Alat dan mesin pengolah tanah primer 2. Alat dan mesin pengolah tanah sekunder 3. Alat dan mesin tanam 4. Alat dan mesin pemupuk 5. Alat dan mesin pengendali gulma 6. Alat dan mesin pengendali gulam dan penyakit 7. Alat dan mesin pemanen biji-bijian, jagung dan umbi-umbian 8. Kapasitas kerja alat dan mesin pertanian 9. Pemilihan alat dan mesin pertanian.

  1. Rekayasa Lingkungan dan Bangunan Pertanian

Konsep dasar tentang pengendalian lingkungan bangunan, perpindahan panas massa pada bangunan pertanian, produksi panas dan uap dari ternak, analisis udara ventilasi untuk pemindahan panas dan uap air, analisis laju pertukaran udara ventilasi pada bangunan pertanian, pola aliran udara ventilasi dan pengendaliannya, perpindahan panas dan massa dari ternak, analisis ventilasi pada lingkungan cuaca panas, prinsip-prinsip pengendalian lingkungan pada bangunan untuk budidaya tanaman.

  1. K3 dan Ergonomika

Unsur-unsur K3,dasar-dasar keselamatan K3, Maksud dan tujuan SMK3/OHSAS 18001:2007,pengenalan dan interpestasi SMK3, Metode penyususn SMK3, mengelola kinerja SMK3 di tempat kerja, hazard identify & risk assessment, implementasi dan setifikasi. Pengertian ergonomika, antropometri, dasar biomekanika dan ergonomika, kerja fisik perencanaan tempat kerja, sistem manusia mesin, faktor lingkungan, studi gerakan, peta kerja, studi pengukuran dan penetapan waktu kerja, keselamatan kerja dan aplikasi ergonomika untuk rancang bangun dibidang teknik pertanian.

  1. Motor Bakar dan Daya Mesin Pertanian

Dalam mata kuliah ini banyak dibicarakan mengenai beberapa pengertian,bagian-bagian komponen dan cara kerja di antaranya adalah motor 2 tak,dan 4 tak, bagian utama motor, sistem bahan bakar motor, komponen-komponen sistem bahan bakar, sistem pengapian,sistem pelumasan, sistem pendingin dan perawatan motor

  1. Rancang Bangun Alat Mesin Pertanian

Penerapan prinsip-prinsip rancang bangun dari identifikasi masalah, analisis kebutuhan sampai cetak biru, Merancang dan memilih ukuran elemen mesin atas dasar analisis beban mekanik dan kekuatan bahan elemen mesin. Analisa tegangan, poros & pasak, sabuk, kopling, rem, roda gigi, sambungan las dan sambungan keeling. Pengenalan teknologi mekanik, pengoperasian mesin kerja mekanik dan konstruksi.

  1. Manajemen Energi dan Mesin Pertanian

Dasar perencanaan penggunaan energy dan mesin pertanian. Life cycle assessment (LCA) dan audit energy dalam industry pertanian. Penentuan kebutuhan, pertimbangan sumberdaya, alat-mesin dan modal, kaitannya dalam proses pengambilan keputusan. Sistem pengorganisasian, penjadwalan, pengoperasian dan perawatan. Penggantian mesin, kajian teknis, ekonomis dan social.

  1. Energi Terbarukan

Sumber-sumber energy terbarukan; surya, biomassa, angin, air. kajian teknik konversi dan konservasi ,ekonomi, sosial, lingkungan, perpan dan pengembangan energi terbarukan dalam keteknikan pertanian.

  1. Hidrologi

Prinsip-prinsip dalam proses hidrologi, meteorologi dan abtraksi hidrologi, air limpasan  (komponen, hubungan hujan limpasan, analisis hidrograf), hidrograf untuk daerah aliran sungai kecil, menengah dan besar, penelusuran air sungai, analisis frekuensi, model-model hidrologi sederhana, air tanah (kejadian dan gerakan air tanah, hidrologi sumur, penyusupan air laut).

  1. Hidrolika

Definisi dan  ruang lingkup hidrolika, sejarah perkembangan ilmu hidrolika, kinematika zat cair, persamaan bernoulli,  aliran zat cair riil, persamaan tahanan gesek, aliran mantap melalui sistem pipa, aliran mantap melalui saluran, terbuka, tampang lintang ekonomis.

 

  1. Manajemen DAS

Takrif dan ruang lingkup, perkembangan irigasi di Indonesia, karakteristik sistem irigasi , hukum dan perundangan irigasi, fungsi dan proses manajemen irigasi, keterkaitan antara rancangbangun dan manajemen, sistem operasi dan pemeliharaan jaringan irigasi, kelembagaan irigasi, nilai air dan daya irigasi, monitoring dan evaluasi kinerja sistem irigasi, sistem informasi untuk manajemen irigasi.

  1. Azas dan Teknik Irigasi

Takrif, makna dan tujuan irigasi, sistem irigasi dan drainase diwilayah tropic basah, sistem irigasi sebagai bagian dari daur hidrologi, hubungan air tanah dan tanaman, kebutuhan air tanaman dan kebutuhan air irigasi, sistem drainase pertanian, metode pengukuran aliran di saluran terbuka.

  1. Azas Pengembangan Sumberdaya Alam

Takrif dan ruang lingkup, sumberdaya alam pertanian sebagai suatu asset, azas pengembangan dan peran dalam pembangunan, pengertian deplesi, konservasi dan persedianan, industrialisasi dan pengambilan sumberdaya alam, klasifikasi pengelolaan lahan dan evaluasi lahan, biaya social dan permasalahannya dalam pengelolaan, kebijakan pengelolaan lingkungan hidup, pengembangan pertanian berwawasan agroindustri.

  1. Manajemen Sistem Irigasi

Takrif dan ruang lingkup, perkembangan manajemen irigasi Indonesia, karakteristik sistem irigasi, hukum dan perundang irigasi, fungsi dan proses manajemen irigasi, keterkaitan antara rancangbangun dan manajemen, sistem operasi dan pemeliharaan jaringan irigasi, kelembagaan irigasi, nilai air dan biaya irigasi, monitoring dan evaluasi kinerja sistem irigasi, sistem irigasi untuk manajemen irigasi.

  1. Racang Bangun Pengendali Erosi

Dalam mata kuliah ini banyak dibicarakan mengenai sifat dan fungsi tanah, penyebab erosi, bentuk-bentuk erosi, faktor yang mempengaruhi erosi, erosivitas, erodibilitas tanah , prediksi erosi tanah, konservasi tanah dan air secara vegetative, konservasi tanah dan air secara mekanik, konservasi tanah dan air secara kimia.

  1. Teknik Pengolahan dan Penanganan Limbah

Membahas mengenai jenis limbah pertanian, limbah padat dan B3, pendahuluan limbah cair, pencemaran lingkungan, proses penanganan limbah melalui sistem kolam dan lagun, sistem aerobic dan anaerobic, serta pengolahan limbah industri

  1. Rekayasa Lingkungan Pertanian

Pendahuluan dan pengertian rekayasa lingkungan pertanian, pengertian ekosistem dalam bidang pertanian, kaidah rekayasa lingkungan bidang pertanian, bentuk manusia memperoleh energi dari pertanian, bentuk dan perkembangan rekayasa pertanian, energy matahari, metode penelitian dan analisis lingkungan, peran permukaan dalam rekayasa di bidang pertanian

  1. Kontruksi Bangunan Pertnaian

Elemen-elemen dasar dari bangunan pertanian, beban pada bangunan pertanian, kontruksi pondasi dan bangunan penahan tanah, kontruksi tiang/pilar, konstruksi balok, kontruksi lantai, konstruksi atap, konstruksi bangunan khusus untuk bangunan pertanian: silo, rumah kaca, kandang ternak, gudang.

  1. Hubungan Air, Tanah dan Tanaman

Peran air dalam pertumbuhan tanaman, kandungan air dalam tanah, macam dan status air dalam tanah, cara pengukuran dan pengaturan air dalam tanah, retribusi dan pergerakan air didalam tanah, penyerapan air oleh tanaman, pergerakan air dalam tubuh tanaman, evaporasi dan transpirasi, pengaruh kelebihan dan kekurangan (cekapan) air terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman.

  1. Analisa Sifat Fisik-Kimia Produk Pertanian

Dalam mata kuliah ini banyak membahas mengenai macam sifat fisik dan kimia produk pertanian, sifat-sifat termis produk pertanian, sifat-sifat aerodinamik dan hidrodinamik, rheologi dan tekstur bahan, penanganan dan pengolahan dengan suhu, kadar air dan abu, unsur makronutrien.

  1. Teknik Pengemasan dan Penyimpanan

Macam-macam dan watak biologis hama dan penyakit (hama & penyakit gudang), karakter produk pertanian selama masa penyimpanan (penyusutan, kerusakan dan deteriorasi produk selam penyimpanan), perancangan bangunan simpan bahan curah (mass flow dan funnel flow), aliran bahan curah dalam chute, laju aliran bahan curah, pemindahan bahan curah, sifat-sifat bahan pengemas dan fenomena perpindahan panas dan massa bahan dalam kemasan, teknik pengemasan pengendalian hama dan penyakit bahan dalaam kemasan.

  1. Teknik Pengeringan

Dasar-dasar pengeringan (water activity dan EMC), aplikasi proses pengeringan pada bahan pertanian dan pangan, dan analiis teknik (engineering analysis) proses pengeringan pruduk pertanian dan pangan.

  1. Teknik Pengolahan Pangan

Aplikasi fenomena transport dalam proses pengolahan pangan (aliran fluida cair, gas dan partikel padat), aplikasi head and mass transfer pada proses pengolahan pangan (evaporasi, kristalisasi, pasteurisasi, pemurnian), pencampuran, filtrasi, pengecilan ukuran (size reduction), pemisahan mekanis (mechanical separation)

  1. Teknik Pendinginan dan Pembekuan

Dasar-dasar teknik pendinginan (refrigeration) dan pembekuan (freezing), aplikasi pembekuan dan pendinginan pada produk pertanian dan pangan, analisis teknik pendinginan dan pembekuan produk pertanian dan bahan pangan.

  1. Pengetahuan Bahan Pangan

Komponen-komponen dalam bahan pangan, perubahan karakter bahan pangan akibat perlakuan proses, gelatinisasi dan glass transition.

  1. Teknik Bioproses

Teknik kinetika reaksi yang berupa analisis matematis untuk proses pengolahan bahan hayati dengan melibatkan mikroorganisme, contoh: pembuatan fermentor yogurt (kinetika pembentukan asam), anailsa laju aerasi untuk pertumbuhan mikrobia, pembuatan komposter.